Kenikmatan Sesaat, Penderitaan Yang Amat Sangat Menyakitkan

Bukan. Ini tidak ada hubungannya dengan tulisan tentang coli kemarin. Ini tentang kebiasaan yang lain lagi. Kebiasaan menginginkan kenikmatan instan.

Terkadang, malah seringnya, sesuatu begitu menarik perhatian karena memberikan kenikmatan instan. Padahal ketika sesuatu itu mengalihkan perhatian dan fokus kita dari sesuatu yang jauh lebih berharga yang memberikan kenikmatan yang lebih besar di masa yang akan datang, ia sebenarnya justru berbahaya. Kalau kata musuhnya si Midun, nikmat membawa sengsara.

Ambil contoh misalnya 9gag. Situs gambar lucu itu seringkali begitu enganging-nya, memberikan kenikmatan yang sangat kuat dengan kelucuan-kelucuannya, namun tanpa sadar tiba-tiba jarum pendek pada jam dinding sudah bergeser satu angka bahkan lebih. Demikian juga dengan situssitus berita, social media semacam facebook dan twitter, juga situssitus porno. Semuanya membawa kenikmatan instan yang membuat kita tenggelam dalam jebakan pasir hisap waktu kita.

Ini berbahaya.

Jadi, perlu solusi untuk menghilangkan kebiasaan ini. Caranya adalah dengan mengubah asosiasi hal-hal tadi dari memberikan kenikmatan sesaat menjadi mengakibatkan kerugian yang sangat besar, penderitaan yang amat sangat menyakitkan, bukan cuma di masa depan, tapi juga di masa kini dan seterusnya. Mengakibatkan penderitaan yang amat sangat menyakitkan di masa kini, karena seharusnya kita bisa mendapatkan kenikmatan yang lebih besar ketika kita melakukan hal-hal yang sesuai dengan passion kita yang mengarah kepada kenikmatan yang luar biasa besar ketika impian-impian kita terwujud.

Jadi segala macam hal yang membawa kenikmatan sesaat itu sebenarnya adalah sesuatu yang mengakibatkan kerugian yang amat sangat besar, penderitaan yang amat sangat menyakitkan di masa kini karena memakan habis waktu kita yang seharusnya bisa memberikan kenikmatan untuk mengembangkan passion kita.

Remember, kenikmatan sesaat = penderitaan yang amat sangat menyakitkan di masa kini. Bukan di masa yang akan datang, tapi di masa kini, sekarang dan di sini.

Ingatlah ini, melakukan hal-hal yang menjadi passion kita, yang seturut dengan tujuan besar kita, impian-impian kita, diri kita di masa yang akan datang, adalah sebuah kenikmatan yang sangat besar, sangat nikmat dan sangat luar biasa, saat ini juga.

Lakukan passion kita full time, karena kita cuma punya satu detik dalam setiap detik. Setiap detik yang terbuang percuma untuk kenikmatan sesaat adalah penderitaan yang amat sangat menyakitkan. Setiap detik yang termanfaatkan dengan baik adalah kenikmatan yang sangat menyenangkan, di masa kini dan diakumulasikan menjadi kenikmatan yang sangat besar di waktu yang akan datang.

rumah-jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s