Tentang Hari Ulang Tahun

Sejujurnya saya masih nggak ngeh dengan ulang tahun. Apa yang dirayakan? Bahwa saya sudah semakin tua, semakin berkurang jatah masa hidup saya di dunia?

Bersyukur memang penting, tapi saya melatih diri untuk bersyukur setiap hari, setiap malam sebelum tidur, karena saya tidak bisa memastikan esok pagi masih bisa bangun atau tidak.

Tapi di tanggal yang bertepatan dengan hari lahir saya, kalau ada yang harus diucapin selamat, itu bukanlah saya melainkan ibu saya. Perempuan yang sembilan bulan mengandung saya dan melahirkan saya dengan bertaruh nyawa. Perempuan hebat yang dengan segala kelebihan dan kekurangannya selama 30 tahun telah mendidik dan membimbing saya. Perempuan tangguh yang berjuang meski tertatih untuk membesarkan saya dengan segala tantangan yang saya tahu sangat berat. Perempuan berhati lembut yang tetap menerima dan menopang saya ketika saya sedang jatuh hancur terpuruk dalam bagian terendah di kehidupan saya. Perempuan yang tetap mengasihi saya meski saya kadang terlalu durhaka untuk dikasihi. Perempuan yang mengajari saya untuk tetap mengasihi meski dibenci. Perempuan yang mengajari saya untuk bekerja keras demi masa depan keluarga. Perempuan yang mengajari saya untuk menaklukkan tantangan demi tetap berputarnya roda ekonomi keluarga. Perempuan yang mengajari saya untuk menjadi berkat bagi orang lain tanpa meminta pamrih apapun. Perempuan yang mengajari saya untuk tidak menjadi orang yang munafik yang manis di luar tapi busuk di dalam. Perempuan terhebat yang pernah saya kenal.

Terimakasih Mama. I love you.

Buat yang sudah ngucapin met ultah, thanks anyway. Terimakasih untuk perhatiannya 🙂

Tinggalkan Balasan

