Catatan Mimpi 11 Juni 2013

Mimpinya tanpa muatan emosi yang kuat, tapi tanpa jejak memori sadar yang menjadi penyebab mimpi. Biasanya sih mimpi model ini tidak bermakna dalam. Hanya sekedar pelepasan stress / relaksasi. Semacam iklan lewat, kalau kata Mas Leo. Tapi karena mimpinya cukup unik, tak ada salahnya kucatat di sini.

Dalam mimpi itu aku sedang liburan ke pantai bersama keluarga. Sebuah pantai berpasir putih dengan sunset berwarna jingga yang sangat indah. Aku mengambil handphoneku untuk memotret sunset jingga itu. Ketika sang matahari tepat berada di fokus, di tengah layar bidikanku, tiba-tiba aku melihat ke laut sebelah kiriku ada gelombang ombak yang sangat tinggi, kira-kira 20-30 meter tingginya. Anehnya, ombak itu menghantam pantai di depannya berikut deretan kios di tepi pantai itu, namun tidak menghantam bagian pantai tempatku berada.

Usai gelombang ombak itu menghantam, aku mendatangi kios-kios yang kebanjiran air laut itu. Si pemilik warung sedang membersihkan sisa-sisa air di dalam kiosnya. Setelah itu aku terbangun.

Entah mimpi itu memiliki makna atau tidak. Tapi kebetulan hari ini Budhe Sih, seorang kerabat dari keluarga istriku di Gunungkidul sana meninggal dunia. Beberapa waktu belakangan ini aku sedang menyusun rencana pulang kampung, menengok rumah sekaligus menengok Budhe Sih yang memang sudah sakit-sakitan. Beliau beberapa kali keluar masuk rumah sakit. Ternyata belum sempat aku menengok beliau, beliau sudah lebih dulu meninggal dunia.

Budhe Sih meninggal dalam usia 63 tahun. Kondisi fisiknya memang tidak begitu fit. Tubuhnya kurus, membuatnya nampak lebih tua dari usianya. Aku dulu tidak begitu mengenalnya. Aku lebih dulu mengenal Mbak Nur, anaknya yang dulu bekerja di toko CD di Ramai Mall Jogja. Itu dulu, jaman aku masih pacaran sama yang sekarang jadi istriku.

Yah, usia manusia memang terbatas. Namun kapan kita atau orang-orang yang kita kasihi sampai ke batas itu, kita tidak tahu.

Budhe Sih, selamat jalan bila memang ada perjalanan yang harus diteruskan. Selamat berpulang bila memang ada rumah tempat berpulang.

Satu pemikiran pada “Catatan Mimpi 11 Juni 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s